6 Tips Menentukan Harga Desain

dedekgoenawan
By dedekgoenawan February 2, 2020 03:53

6 Tips Menentukan Harga Desain

Desain grafis merupakan profesi yang sudah banyak dilakoni oleh orang orang. Dari mulai UI DESAIN, ICON DESAIN, LOGO DESAIN dan desain lainnya. Dalam menetukan harga dari setiap desain mungkin masih merupakan hal yang awam bagi kita saat ini.

Banyak mungkin diantara kalian yang kebingungan untuk menentukan harga desain. Sudah desain capek capek tapi dibayar murah, giliran ngasih harga tinggi eh si klien malah pergi.. adeuhh .

Nah sekarang kalian gak perlu bingung lagi ini menentukan harga desain kalian karena saya akan membahas tentang Menentukan Harga Desain 

Berikut 6 Tips & Trick Bagaimana Cara Menentukan Harga Desain :

1. Jenis Desainnya

jenis desain yang kita kerjakan dapat menentukan harga desain kita

Seperti yang kalian ketahui jenis grafis itu banyak jenisnya ya, dari yang mulai desain logo, Ilustrasi, ataupun desain lainnya. Kenapa kalian harus tahu jenis desainnya? Ya karena setiap desain itu berbeda harganyanya, seperti halnya desain logo dengan ilustrasi itu sangat berbeda jauh harganya.

Nah untuk itu kalian harus tau dulu jenis desain yang akan kalian eksekusi, agar kalian tau harga kisaran dari jenis desain yang kalian kerjakan.

2. Dimana pasarnya

dimana pasar desain kita , itu dapat menentukan harga desain kita

Nah ini itu ibaratkan sebuah klub di sepakbola, yang mana berbeda harga bayaran pemain sepak bola diluar negeri dengan di dalam negeri, yang mana ini tergantung dari mayoritas itu sendiri.

Nah sama halnya dengan desain harga desain didalam negeri dengan diluar negeri itu sangat berbeda jauh. Nah diluar negeri begitu juga ada yang asia tenggara, ataupun eropa. Masing masing mempunyai harga kisarannya sendiri, dari nominal terendah hingga yang tertinggi.

Nah untuk itu kalian harus tau pasar yang kalian targetkan, dengan begitu kalian tidak bingung lagi dengan harga rata rata dimana pasar itu berada.​

3. Siapa Kliennya

siapa klien kita itu dapat menentukan harga desain kita

Klien juga merupakan hal penting juga bagi para kita desaigner, karena kita bisa menentukan harga sesuai dengan klien yang kita layani. Klien sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu: Per Orangan, Per company, dan yang terakhir adalah agensi. Di per company juga itu ada beberapa cabang diantaranya small Company, Mid Compannya, dan Big companny. Klien per orangan adalah seseorang yang memesan sebuah desain yang ditujukan untuk dirinya sendiri, biasanya klien per orang mempunyai rata rata harga yang tidak terlalu mahal.

Kemudian ada Klien per Companny, biasanya companynya mempunyai kisaran harga yang lebih tinggi dibandingkan per orangan. Dikarenakan desain yang ditujukan untuk companny yang melibatkan sebuah brand itu sendiri. Kemudian yang terakhir adalah agensi. Agensi sendiri adalah seseorang yang berada diperusahaan dan mendapat pesanan dari klien yang kemudian dioper kita untuk mengeksekusi desainnya.

Biasanya kisaran harga rata rata dari agensi itu lumayan besar jugak sesuai dengan si agensi itu sendiri. Nah jika kalian sudah tahu klien dari desain kalian, kalian gak akan segen segen lagi nih untuk memberi harga tinggi, serta kalian akan lebih bijak untuk menentukan harga desain kalian itu sendiri.​

4. Jenis projectnya

kita juga harus mengetahui jenis project yang akan kita desain , contohnya apakah itu sebuah editan foto, editan video dll , untuk itu kita harus mengerti apa yang kita kerjakan dahulu, untuk menentukan harganya kita juga harus mengetahui kerumitan dalam proses pengeditannya , contohnya ketika kita mengedit video dengan durasi setengah jam , maka harganya lebih mahal dari pada mengedit foto yang 10 menit.

dan lihat juga waktu yang dibutuhkan , ketika dia mau cepat selesai proses mendesainnya , kita dapat meminta uang lembur supaya kita dapat menyelesaikannya saat itu juga, dan kita juga harus melihat

5. jam terbangnya

jam terbang desain kita menentukan harga

Masing masing desaigner itu biasanya mempunyai jam terbang yang berbeda beda dengan itu maka
harga dari setiap desainnya jugak berbeda. Jam terbang ini berkaitan dengan dua hal, yaitu
PENGALAMAN berapa lama kalian bergerak dibidang tersebut, yang kedua adalah banyaknya klien atau
portofolio kalian sebelumnya.

Nah semakin banyak pengalaman kamu serta klien atau portofolio kamu
biasanya itu bisa meng up harga dari setiap desain yang kalian kerjakan. Nah jadi itu bisa menjadi nilai
lebih bagi kalian ataupun personal branding itu sendiri.​

6. Skill

skill dalam desain menentukan harga kita

Mengapa setiap harga desain orang itu berbeda beda?karena skill setiap orang itu juga berbeda beda. Skill disini juga terbagi menjadi dua, yaitu Skill Desain dan Skill Marketing. Skill Desain itu sendiri tergantung dengan skill kalian itu sendiri, dari sense of art kalian ataupun hasil dari setiap karya yang kalian ciptakan sendiri.

Nah berbeda halnya dengan Skill Marketing, bisa jadi desain kita biasa biasa saja, namun dengan teknik Marketing kita yang tinggi kita tentu kita bisa mendapatkan harga yang lebih tinggi pulak. Nah skill itu sendiri yang menentukan harga dari setiap masing masing orang itu sendiri.

Nah sekarang kalian gak bakalan bingung lagi deh untuk menentukan harga desain yang telah kalian buat, serta lebih bijak lagi dalam menentukan harga sesuai dengan jasa yang kita berikan. Oke itu saja informasi yang dapat saya sampaikan. Semoga Artikel tentang Cara Menentukan Harga Desain ini dapat membantu teman – teman semua

dedekgoenawan
By dedekgoenawan February 2, 2020 03:53
Write a comment

No Comments

No Comments Yet!

Let me tell You a sad story ! There are no comments yet, but You can be first one to comment this article.

Write a comment
View comments

Write a comment

<